UJIAN AKHIR SEMESTER PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
NAMA :DEDE RENI MARLINA
NIM :1209207015
PRODI :PENDIDIKAN FISIKA/A/SEMESTER 2
1.
Psikologi
perkembangan merupakan ilmu jiwa yang akan membantu seseorang terutama seorang
guru untuk mengetahui segi kejiwaan dari setiap siswanya.Psikologi perkembangan
berkaitan dengan jiwa setiap manusia, oleh karena itu hal tersebut menjadi
sangat penting dipelajari khususnya saya sebagai calon pendidik. Keberagaman
psikologi setiap orang akan tergantung dengan pengajaran yang sesuai untuk
siswa, untuk itulah para calon pendidik perlu mempelajari psikologi
perkembangan ini. Dengan mempelajari psikologi perkembangan maka seorang guru
akan lebih bijaksana dalam memahami kerakteristik siswa yang beragam, serta
pengajaran yang sesuai dengan karakteristik individu setiap siswa.
2.
Faktor yang
lebih mempengaruhi perkembangan manusia khususnya peserta didik ada dua macam,
yaitu:faktor hereditas atau pembawaan yang sangat mempengaruhi perkembangan
peserta didik. Faktor pembawaan sangat berpengaruh langsung kedalam diri
peserta didik. Faktor lingkungan juga memberikan andil yang besar, faktor
pembawaan akan sia-sia tanpa dipengaruhi oleh lingkungan, karena lingkungan
bisa mengubah sifat yang diturunkan kepada setiap individu.
3.
Karakteristik
perkembangan peserta didik sebelum dan sesudah masa remaja:
· Karakteristik
perkembangan peserta didik sebelum masa remaja:
Karekteristik
ini ada dua macam yaitu pada masa orok atau bayi, masa prasekolah dan masa
sekolah. Pada masa orok perkembangannya terjadi secara singkat yaitu pada
menit-menit setelah dilahirkan, kemudian berganti ke masa neonante sejak
pemotongan tali pusar. Kegiatannya masih sangat sederhana dan hanya
gerakan-gerakan refleks sebagai respon terhadap lingkungan.Perkembangan
selanjutnya terjadi pada organ lainnya seperti otak dan tubuh yang semakin
membesar diikuti dengan perkembangan intelegensinya. Pada masa pra-sekolah dan
masa sekolah berlangsung antara usia 2-6 tahun. Mereka mulai menyadari dirinya
sendiri seperti menyadari jenis kelamin,pada masa ini pula terjadi perubahan
ukuran tubuh yang drastis. Pada masa ini anak belum menguasai operasi mental
secara logis, namun sudah memuliki kemampuan untuk berimajinasi. Anak mulai
mengembangkan aspek kognitifnya ketika mereka memasuki usia sekolah diikuti
dengan perkembangan emosi yang khas.
·
Karakteristik
perkembangan setelah masa remaja:
Masa
setelah remaja meliputi masa dewasa awal(early adulthood) berlangsung antara
usia 21 atau 22 hingga 40 tahun, dan masa setengah baya(middle age) berlansung
antara 40-60 tahun. Pada masa-masa ini peserta didik menyadari tanda-tanda
kedewasaan dan tugasnya sebagai orang dewasa, ditandai dengan sikap yang tenang
dan istiqamah serta bijaksana dalam berfikir dan berbuat baik untuk kepentingan
dirinya dan orang lain. Dalam hal lain biasanya mereka siap untuk berumah
tangga dan membentuk keluarga, dan mengurus anak-anak sebagai penerus generasi
mereka dan menerima tanggung jawab kewarganegaraan sesuai dengan aturan yang
berlaku.
4.
Aspek-aspek
psiko-fisik perkembangan peserta didik yaitu:
· Aspek
jasmani dan intelegensi yaitu organ fisik manusia yang berkembang seperti
sistem syaraf, otot-otot, kelenjar endokrin, dan struktur atau postur tubuh.
· Aspek
emosi dan bahasa, yang timbul ketika terjadi ketegangan sistem syaraf otaknya
karena bekerja keras.dan kemampuan berbahasa dipengaruhi oleh kemampuan
kognitfnya.
· Aspek
kepribadian dan sosialyaitu kepribadian siswa yang dipengaruhi oleh faktor
fisik,kecerdasan dan lingkungan pertemanan.
· Aspek
moral dan keberagaman yaitu aspek moral berlangsung bersamaan dengan
perkembangan aspek sosialnya.
· Aspek
keberagaman peserta didik berpangkal pada fitrahnya yang mempengaruhi
psiko-sosial dan moralnya sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar