Senin, 23 April 2012

Boscha - Makalah


1.      PENDAHULUAN
a.       Latar belakang
Sains merupakan materi yang memerlukan aplikasi nyata dan para mahasiswa khususnya harus mengetahui realita sains yang ada di lapangan, sehingga para mahasiswa tidak hanya mengetahui materi tetapi juga kenyataan di lapanan.oleh karena itu pembelajaran sains tidak hanya dilaksanakan di dalam kelas tetapi juga harus dilaksanakan ditempat yang menunjang proses pembelajaran tersebut.
Salah satu alternatifnya adalah dengan mengadakan kunjungan ke observatorium Bosscha, mengingat lokasinya masih berada di daerah Bandung. Selain itu juga observatorium ini memiliki perangkat tekhnologi yang menunjang. Latar belakang kunjungan ke observatorum Bosscha juga untuk menambah pengalaman para siswa sebagai calon pendidik fisika khususnya yang akan mengajarkan materi yang ada hubungannya dengan optik, bumi antariksa, astronomi dan lainnya.
b.      Tujuan dan fungsi kunjungan lapangan
Tujuan kunjungan ke observatorium Bosscha adalah untuk mengetahui lokasi observatorium Bosscha dan juga untuk mengatahui sejarah observatorium Bosscha dan menambah pengetahuan para mahasiswa mengenai perangkat teknologi      yang ada disana. Para mahasiswa juga dapat menyelesaikan tugas yang diberikan mengenai mata kuliah yang diberikan, dengan kunjungan kesana mereka juga diharapkan memiliki wawasan yang mendalam mengenai observatorium Bosscha.
c.       Manfaat kunjungan lapangan
Manfaat kunjungan kesana adalah para mahasiswa mendapatkan pengalaman dalam hal cara pengoperasian teropong, serta bagaimana penelitian yang dilakukan oleh para astonom. Para mahasiswa juga dapat melepaskan kepenatan dari segala aktivitas yang ada, jadi selain mereka berekreasi mereka juga mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Dengan melakukan kunjungan ini mereka dapat merasakan kenyamanan belajar yang langsung berinteraksi dengan kehidupan nyata.
d.      Peserta kunjungan lapangan
Peserta kunjungan ke observatorium Bosscha ini terdiri dari mahasiswa prodi pendidikan fisika semester 2,semester 4, dan semester  6,ditambah mahasiswa semester 8 yang mengambil mata kuliah belajar dan pembelajaran fisika, yang berjumlah 200 orang sesuai dengan kuota kunjungan.
2.      Sejarah singkat Bosscha
3.      Jenis perangkat teknologi yang ada di observatorium Bosscha
Jenis perangkat teknologi yang ada di Observatorium Bosscha antara lain:
·         Teropong Bintang zeis
·         Teleskop Bamberg
·         Teleskop Schmidt-Bimasakti
·         Goto
·         Unitron
.
4.      Teropong bintang Zeis
a.       Cara pengoperasian:
ü  Menentukan terlebih dahulu obyek yang akan diamati,
ü  Mengarahkan ujung teleskop pada obyek pengamatan,
ü  Konstruksi bangunan kubah dapat dibuka selebar 3 meter dan kubah dapat diputar kesegala penjuru  arah, disesuaikan dengan letak dari obyek pengamatan,
ü  Lantai teleskop dapat dinaikkan dan diturunkan dengan daya listrik 10000 watt, berfungsi untuk memudahkan pengamatan benda langit  yang terlalu rendah ataupun benda langit yang cukup tinggi.

b.      Jenis pengamatan yang pernah dilakukan
·         Pengamatan astrometri untuk penelitian orbit bintang ganda visual,
·         Pengamatan astrometri untuk penelitian gerak diri bintang dalam gugus bintang,
·         Pengamatan astrometri untuk keperluan pengukuran paralaks bintang untuk penelitian jarak dan sistem kegandaan dari bintang-bintang yang berpasangan,
·         Imaging, pengamatan citra detail komet  terang, kawah permukaan bulan, oposisi planet mars, oposisi planet saturnus, dan oposisi planet jupiter.


c.       Hasil yang pernah didapat
Hasil yang pernah didapat diantaranya adalah adanya koleksi sekitar 10000 data pengamatan bintang ganda visual yang diperoleh dari pengamatan teleskop Zeiss.

5.      Hasil yang sudah dilakukan dan prestasi yang pernah diraih dalam pengamatan benda angkasa oleh observatorium Bosscha
Hasil yang pernah didapat yang mendobrak ilmu pengetahuan adalah menemukan bentuk galaksi bima sakti yaitu bentuknya bergelombang. Dan hasil-hasil lainnya adalah:
·         Mempublikasikan karya ilmiah tentang bintang  ganda visul, struktur galaksi , dan bintang variabel.
·         Suvey lengan galaksi bima sakti
·         Penelitian bintang ganda
·         Fotometri bintang variabel,
·         Pengamatan pelanet mars,
·         Pengamatan komet halley,
·         Katakris variabel kalisme,
·         Survey daerah pembentukan bintang.



6.      Hasil pertemuan di aula
Bumi yang kita huni sekarang ini merupakan bumi yang berasal dari satu unsur meburut teori bigbang. Bumi kita ini merupakan bagian dari alam semesta yang amat luas, itulah yang menjadi tantagan ilmu pemgetahuan. Para astronom berusaha untuk menyelidiki rahasia alam ini dengan segala upaya dan keterbatasan manusia. Sejak berabad abad lalu pengeahuan tentang alam semesta telah dilakukan dan menemukan inovasi – inovasi yang menyumbang sangat besar bagi ilmu pengetahuan.
Beruntunglah negara kita memiliki perangkat teknologi tertua yang didirikan oleh seorang yang dermawan K.A.R Bosscha yang sangat bermanfaat bagi penelitian sains khususnya untuk mengetahui alam semesta ini. Perjalanan yang sangat panjang dalam mendirikan bangunan ini dan daerah Lembang Bandung merupakan daerah yang dianggap paling cocok untuk melakukan pengamatan, disamping lokasinya yang mencukupi karena berada dalam ketinggian tertentu dan udara pada waktu itu jauh dari polusi yang dapat mengganggu pengamatan. Polusi dapat menyebabkan pengamatan terhadap bintang yang memiliki sinar kurang terang menjadi tidak terlihat. Tetapi pada kenyataannya sekarang ini ada isu-isu observatorium Bosscha akan dipindahkan, karena daerah Lembang sudah penuh dengan polusi dan ada sejumlah oknum yang akan menggusur observatorium ini untuk dijadikan pemukiman penduduk.
Dalam membangun observatorium ini para pendirinya langsunng memesan perangkat seperti teropong ini langsung dari Jerman. Alangkah sulitnya menempuh perjalanan jauh sampai ke daerah Lembang. Kemudian teropong dirakit di sini agar memudahkan pembawaan teropong dari negara asalnya.
Observatorium Bosscha sangat memberikan sumbangsi yang sangat besar bagi ilmu pengetahuan khususnya mengenai astronomi. Beberapa penelitian dilakuan dengan menggunakan teropong Bintang Zeis, dan menghasilkan banyak sekali hasil.
7.      Observatorium Bosscha kaitannya dan relevansi dengan kurikulum di sekolah khususnya kurikulum SMP
8.      Simpulan

1 komentar: